Cara Membuat Android Bisa Support OTG Dengan Mudah

Cara agar android support otg tanpa root – Fitur menarik yang ada dalam smartphone android adalah OTG atau On The GO, yaitu sepsifikasi perangkat android yang berperan sebagai host untuk memori eksternal Flashdisk atau Harddisk, jadi seperti halnya komputer atau laptop dengan adanya OTG ini kita tidak perlu repot membuka laptop jika ingin membuka file dalam flashdisk, cukup colokan saja flashdisk tersebut ke android dan kita pun bisa leluasa untuk melakukan copy paste file, transfer file, merubah, mengedit atau menghapus file yang ada dalam flashdisk atau hardisk, bahkan dengan adanya fasilias fitur OTG misalnya otg smartfren andromax ini kita bisa main game favorit di smartphone android dengan gamepad.

apkhape.com

Agar proses tersebut bisa berjalan dengan lancar, kita harus memastikan smartphone android memenuhi minimal tiga syarat utama, yaitu pertama ponsel HP Smartphone android kita sudah support OTG, kedua terpasang aplikasi file manager dan terakhir tentunya memiliki kabel konektor penghubung antara memory eksternal (Flashdisk atau hardisk) dengan ponsel android. Untuk syarat ketiga bisa membeli di konter dan syarat kedua pun biasanya sudah include dengan fitur bawaan android, jika tidak tersedia aplikasi file manager bisa download di play store, namun untuk syarat yang pertama perlu kepastian spesifikasi hardware software sebab tidak semua smartphone android bisa support dengan OTG, adapun ponsel android yang sudah support dengan fitur OTG ini biasanya adalah HP android kelas menangah ke atas kernel karena android yang support usb otg. itulah cara membuat android support otg tanpa root

Sedangkan untuk smartphone android kelas menengah ke bawah usb otg tidak terdeteksi di android karena memang belum support OTG tidak perlu khawatir, sebab dalam kesempatan kali ini apkhape.com akan mencoba mengulas cara membuat android bisa support OTG sebagaimana berikut:

  1. Agar smartphone android bisa support OTG, pertama sekali adalah harus memastikan bahwa Android sudah dalam keadaan ROOT.
  2. Kemudian silahkan download atau unduh dan install aplikasi otg untuk android bernama: USB Host Cheker di Play Store.
  3. Silahkan buka aplikasi tersebut, maka akan muncul notifikasi “It appears that USB Host supports is not enabled on this device. A fix attempt can be performed” yang menunjukan bahwa aplikasi tidak menemukan file bernama hardware.usb.host.xml, file tersebut akan membantu android bisa support OTG,
  4. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan buka notepad dan copy paste kode di bawah ini.

<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?><permissions><feature name=”android.hardware.usb.host” /></permissions>

  1. Langkah selanjutnya silahkan simpan file dengan nama hardware.usb.host.xml
  2. Setelah file tersebut jadi, silahkan buka file manager dan pindahkan file tersebut ke ponsel android lalu taruh di folder etc/permission.
  3. Langkah berikutnya adalah buka aplikasi USB Host Chek dan pilih Re-check. Maka akan melihat semua fitur di dalamnya tercentang warna hijau yang menunjukan bahwa smartphone android sudah mendukung atau support OTG.
  4. Langkah terakhir silahkan coba masukan flashdisk ke android dengan kabel OTG.
  5. Selesai

Demikian ulasan tentang cara membuat smartphone android agar bisa support OTG. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan silahkan datang kembali.

Cara Membuat Android Bisa Support OTG Dengan Mudah | aizluthfi | 4.5