Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Hilang Dan Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Hilang Dan Terhapus – banyaknya aplikasi android yang tersedia di google play store ditambah lagi dengan update atau pembaharuan aplikasi yang meningkatkan kualitas serta size nya membuat memory penyimpanan internal Smartphone android menjadi penuh. untuk meringankan sedikit beban dalam penyimpanan memory internal biasanya adalah dengan hapus beberapa aplikasi, namun terkadang menjadi masalah ketika berniat menghapus aplikasi android malah tanpa sengaja atau tanpa menyadari ternyata ada beberapa aplikasi bawaan android yang terhapus seperti Google Maps atau Lattitude, Document Viewer, Google-GTalk, Google Plus atau yang lainnya. Biasanya terhapusnya aplikasi bawaan tersebut disadari ketika akan menggunakannya.

apkhape.com

Dalam kesempatan ini, apkhape.com akan mencoba berbagi trik atau cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Hilang  Dan Terhapus secara tidak sengaja, cara untuk mengembalikan aplikasi tersebut dinilai tidak terlalu rumit dan mudah sekali untuk dipraktekkan, sebab langkah sederhana yang mesti kita lakukan adalah hanya memasukan atau inject lagi aplikasi bawaan ke dalam system android, proses inject tersebut dapat berlangsung dan berjalan dengan baik ketika kita bisa merubah bagian permission. Sebelum mengulas tentang cara mengembalikan aplikasi bawaan android, sebaiknya kita perhatikan dulu penyebab sekaligus solusi untuk aplikasi bawaan android yang hilang sebagaimana berikut:

  1. Aplikasi Bawaan Hilang Karena Crash dengan Aplikasi Lain

Salah satu penyebab hilangnya aplikasi bawaan android adalah karena crash atau berbenturan dengan aplikasi yang baru saja install aplikasi android baru. Ketika aplikasi tersebut crash tersebut pengguna biasanya tidak menyadari bahwa aplikasi bawaan android telah hilang, baru disadari ketika akan digunakan kemudian. Jika terjadi seperti ini, Cara yang harus dilakukan untuk Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Hilang adalah dengan menghapus aplikasi yang menyebabkan crash, biasanya aplikasi yang baru saja di install. Karena terjadinya crash ini akan menyebabkan salah satu APK di dalam system android menjadi hilang, hal ini disebabkan karena APK sendiri adalah kumpulan file yang tidak jauh berbeda dengan compress file.

  1. Aplikasi Bawaan Android Hilang Karena Cache

Cache bisa dikatakan sebagai sampah virtual yang akan terus menumpuk ketika kita banyak beraktifitas dengan aplikasi yang ada pada smartphone android secara rutin. Ketika cache tersebut semakin menumpuk akan mempersempit gerak dan ruang memory penyimpanan serta aplikasi bawaan android atau menyebabkan aplikasi bawaan tersebut bersembunyi dan mengalah untuk memberi kesempatan pada aplikasi lainnya. Untuk mengatasi kasus seperti ini biasa diselesaikan dengan menghapus cache, bisa menggunakan aplikasi cleaner yang tersedia di google play store, atau bisa juga menghapus cache secara manual dengan cara sebagaimana berikut:

  • Caranya masuk ke Setting atau Pengaturan
  • Pilih Aplikasi —> Pilih All
  • Lalu cari dan pilih aplikasi yang telah hilang atau terhapus
  • Kemudian buka aplikasinya dan pilih Hapus Data.
  • Selesai

 

  1. Aplikasi Bawaan Hilang Karena Sengaja Dihapus

Aplikasi bawaan smartphone android sebenarnya sudah permanen sehingga tidak akan bisa dihapus, namun tidak demikian ketika android kita telah melewati proses rooting karena ketika smartphone android sudah dalam keadaan root, pengguna bisa dengan bebas melakukan tindakan apapun termasuk di dalamnya adalah menghapus aplikasi bawaan yang sebelumnya sudah permanen. Solusi kedua untuk mengembalikan aplikasi bawaan android yang terhapus adalah dengan melakukan inject pada aplikasi android, untuk proses injek ini adalah dengan mengganti semuanya menjadi permission pada   SDCard/system/app.

Pada dasarnya aplikasi bawaan hp android itu tidak bisa dihapus, namun pada saat pengguna tersebut melakukan cara rooting pada smartphonenya, kemungkinan bisa terjadi untuk menghapus aplikasi bawaan, baik itu sengaja ataupun tidak sengaja. Untuk itu supaya kita bisa mengembalikan aplikasi bawaan android yang terhapus yaitu dengan melakukan metode injek pada aplikasinya dibagian /system/app dan setelah itu rubah semua dengan mengganti permission.

Jika ternyata Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Hilang  Dan Terhapus ini tidak juga memberikan solusi, kita bisa menggunakan aplikasi ketiga dengan syarat, smartphone android kita sudah root. sebagaimana langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Download DiskDigger Pro di aplikasi google play store, hanya di google play store adalah versi berbayar, untuk DiskDigger Pro versi gratis bisa di download pada link yang ada di bawah.
  2. Setelah terunduh, selanjutnya install seperti biasa.
  3. Kemudian buka aplikasi DiskDigger Pro dan pilih salah satu penyimpanan yang menjadi tempat aplikasi, apakah di memory internal atau eksternal.
  4. Langkah berikutnya adalah memilih tempat penyimpanan dan pilih format file yang ingin kita cari.
  5. Selanjutnya adalah Scaning, durasi dalam proses scanning ini tergantung format yang dipilih, semakin banyak format yang dicari, tentunya proses scanning akan semakin lama. Begitu juga sebaliknya
  6. Jika proses scanning sudah selesai, kita langsung saja cari file yang ingin kamu dikembalikan. Jika sudah ketemu langsung tandai dengan centang kemudian pilih “Save local” dan pilih tempat pengembalian file di memory.

Download DiskDigger Pro

Demikian Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Hilang  Dan Terhapus, semoga berhasil dan bisa mengembalikan semuanya ke semula. Terima kasih dan silahkan berkunjung kembali.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android Yang Hilang Dan Terhapus | aizluthfi | 4.5