Cara Jawab Pertanyaan Interview yang Sering Bikin Salah Tingkah Fresh Graduate

Cara Jawab Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate – Bagi lulusan baru di tingkat pendidikan perguruan tinggi alias fresh graduate, mencari kerja memiliki tantangan tersendiri. Sebab tidak semua dari mereka langsung mendapatkan pekerjaan begitu lulus dari kampus. Ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang sulit mendapatkan pekerjaan. Salah satunya adalah keliru dalam cara menjawab pertanyaan interview umum, namun sulit dijawab jika mereka tak berpengalaman dan tidak mengetahui trik menjawabnya.

Cara Jawab Pertanyaan Interview fresh graduate

Padahal, menjawab pertanyaan interview dengan tepat sangat penting untuk pertimbangan tim perekrut menerima anda di perusahaan yang anda lamar. Apalagi, masuk ke tahap sesi interview merupakan pencapaian yang bagus. Karena berarti anda sudah lolos seleksi curriculum vitae (CV) atau seleksi administrasi yang tak bisa dibilang gampang pula. Sehingga sangat disayangkan jika anda tidak memberikan usaha yang maksimal, yakni dengan salah menjawab pertanyaan interview. Berikut kami berikan tips cara menjawab pertanyaan interview yang sering mengecoh dan bikin salah tingkah para fresh graduate. Simak, ya!

Cara Jawab Pertanyaan Interview Tentang Kelebihan & Kekurangan

Pertanyaan interview yang sering sulit dijawab adalah soal kelebihan dan kekurangan sang kandidat. Sebenarnya, pertanyaan interview ini dilontarkan untuk mengetahui tingkat kesesuaian kepribadian kandidat terhadap job desk pada suatu pekerjaan yang dilamar.

Untuk menjawabnya, anda harus menyebutkan kelebihan dan kekurangan yang berkaitan dengan kinerja anda dalam bekerja, bukan konteks sifat dan sikap pribadi di luar pekerjaan. Misalnya, kelebihan anda adalah sangat teratur (sistematis) dalam mengerjakan tugas, sehingga mudah menepati deadline. Sedangkan untuk kekurangan, anda harus menjawab dengan dibarengi solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut. Misalnya, anda kesulitan untuk melakukan presentasi kerja. Namun anda berusaha membiasakan diri, serta dibarengi dengan kematangan materi presentasi untuk menambah kepercayaan diri di depan publik.

Cara Jawab Pertanyaan Interview Tentang Alasan Kenapa Ingin Bekerja

Untuk menjawab pertanyaan interview “Kenapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?”, anda sebaiknya tidak mengaitkannya dengan soal materi atau gaji. Meskipun tentu saja semua karyawan mengharapkan bekerja di perusahaan yang memiliki gaji yang tinggi. Sebab, bisa saja perekrut akan menganggap anda hanya bekerja dengan orientasi mementingkan gaji saja.

Tunjukkan bahwa anda bisa berkontribusi untuk perusahaan ini, dan kinerja anda dibutuhkan di perusahaan tersebut. Selain itu, kaitkan juga dengan kecocokan bidang kerja dan budaya perusahaan yang sesuai dengan pribadi anda. Misalnya “Saya melihat perusahaan ini memiliki kesempatan jenjang karir yang baik, maka dari itu saya tertarik”.

Baca juga: Soal Test Psikologi yang Sering Ditanyakan HRD

Cara Jawab Pertanyaan Interview Tentang Keunggulan Diri
Di sela sesi intervie, tim HRD biasanya juga akan memberikan pertanyaan interview seperti “Mengapa anda harus kami pilih sebagai kandidat yang lolos seleksi kerja ini?”. Jawab lah pertanyaan ini dengan menghindari menggunakan kata sifat yang umum. Seperti “Karena saya adalah seorang yang pekerja keras dan bertanggungjawab”. Gunakan pemilihan kata yang sesuai dengan kualitas diri anda yang spesial, dan belum tentu dimiliki kandidat lain.

Akan lebih baik juga jika anda mengaitkan dengan kesesuaian pengalaman yang dimiliki dengan job desk pekerjaan yang dilamar. Ingat, pengalaman tak berarti pengalaman bekerja, ya. Untuk fresh graduate bisa mengaitkannya dengan pengalaman saat mengikuti kegiatan organisasi, volunteering, pekerja paruh waktu atau freelance, dan sebagainya.

Cara Jawab Pertanyaan Interview Tentang Gaji

Terakhir, jika ditanya pertanyaan interview soal berapa gaji yang diinginkan, anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan diri serta dengan standar umum gaji untuk posisi tersebut. Jika kamuy akin dengan kemampuan diri dan bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan tersebut, juga sudah mencari tahu standar gaji untuk posisi itu, anda bisa langsung saja menyebut angka besaran gaji yang anda harapkan. Jika belum sesuai, jangan ragu untuk nego secara sopan, ya.

Selain itu, ada pertanyaan interview lainnya yang biasa anda temui di sesi interview kerja. Baca info lengkapnya di link berikut:

https://www.cekaja.com/info/jangan-gugup-ini-10-pertanyaan-yang-sering-muncul-di-sesi-interview-kerja/

Terima kasih telah berkunjung ke apkhape.com semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Cara Jawab Pertanyaan Interview yang Sering Bikin Salah Tingkah Fresh Graduate | aizluthfi | 4.5